Sabtu, 01 Juni 2013

Moonraker Mempunyai Ciri Khas Gitik Yang Legendaris

Moonraker
Konvoy damai Moonraker Indonesia

Bandung 1979. Tiga bikers jago ngebut di jalanan, Uci, Anjar dan Aul nonton film Moonraker yang dibintangi oleh Roger Moore. Mr. Moore saat itu berperan menjadi agen Inggris yaitu James Bond dengan kode penugasan double O Seven alias 007.

Setahun sebelumnya (1978) mereka sudah punya nama  untuk kumpulan kecil ini yakni Moonwalker, sepulang dari nonton film tersebut, ketiganya sepakat untuk mengubah Moonwalker menjadi Moonraker. Dan siapa sangka klub ini menjelma menjadi klub paling disegani di jalanan Bandung. “Yang kami tahu, nggak ada orang yang berani berbuat ulah atau mengusik kami saat itu,” jelas generasi senior Moonraker Adang Masrum, AA Senja, Gejul juga Kuret yang sekarang menjadi orang mapan semua. Mereka bicara blak-blakan dengan Bikers di salah satu cafe di Bandung didampingi pengurus Moonraker era sekarang seperti Irvan Octavian  (ketua Umum), Martin Hidayat (Sekjen), Bronx (Bendahara Umum) juga Boy AP (Humas).

Moonraker
Buat anak-anak Bandung, nama Moonraker memang melegenda. Mereka selalu turun balapan antar life members atau klub lain saat lalu lintas sedang ramai-ramainya. Jalan sesak di Ir. Juanda atau Dago menjadi ajang adu adrenalin. Soal riding skill dan kenekatan mereka menjadi buah bibir semua pembalap liar dan cewek-cewek Bandung. Para ‘orang gila’ di Moonraker seperti Beni ‘Baong’ Pria, Maruli dengan Vespanya dan banyak lagi dari mereka, menjadi seleb di jalanan. Jurus legendaris mereka bagai sudah terpaten. Bro mungkin sudah atau belum pernah dengar istilah gitik Moonraker? Itu adalah manuver cepat dan beringas dari gaya mereka saat ada di jalanan. Motor yang dikendarai seperti patah-patah dan bergerak cepat. “Itu adalah ciri khas kami,” jelas mereka. Waktu itu nama-nama seperti Ucal dan Encos menjadi ikon mereka.



Tak bisa dipungkiri, untuk menegaskan eksistensi mereka, balapan liar dan pertarungan di jalan menjadi sejarah yang tak bisa lepas dan mengisi hari-hari para life members nya. Persaingan dengan klub bengal lain semisal Palang, Black Baron dan lainnya selalu jadi perbincangan. Dan Moonraker banyak mendominasi dan diunggulkan!

“Waktu itu kami sengaja memendekkan setang kami. Di potong beberapa cm supaya lincah diantara mobil-mobil dan jurus gitik itu menjadi sempurna. Saat itu saya juga diajari jurus ini dari senior. Semua life members kami diajari secara turun temurun, dari senior ke junior,” cerita Irvan yang beken sebagai pembalap dari Imola Racing seangkatan Ahmad Jayadie. Saat ngobrol, mereka memperlihatkan video saat life members mereka beraksi, busyet motor seperti menari-nari di jalanan dengan formasi 2 berbanjar, dan kadang saling silang. Berbahaya dan skillfull!

WANIEUN DAN SEMANGAT PERSAUDARAAN


Moonraker
Klub berlambang serigala terbang ini juga kental doktrinasi dan semangat persaudaraan. ”Kami menjadi sangat loyal dan setia karena semangat persaudaraan kental. Senior dan junior ibarat kakak adik, saling menyayangi dalam suka dan duka. Kami juga punya motto wanieun alias berani. Terjemahannya bisa menjadi sangat luas,  berani dalam berbagai hal termasuk mengarungi kehidupan ini,” tambah Boy, Martin dan Irvan.

Moonraker
Tahunterus berganti, wajah Moonraker dari hanya klub jalanan berbasis massa besar, bergerak terus ke arah yang lebih serius. Baru tahun 1986, klub ini makin terkordinasi rapi dengan kepengurusan yang teratur, AD/ART . “Lalu kami merumuskan kepengurusan agar semakin profesional dengan mengadakan kongres Moonraker pada 29 Agustus 2010,” jelas para pengurusnya. Agar tertib berorganisasi, mereka membagi kepengurusan mirip pemerintahan. “Kordinasi menganut garis komando, dari Pusat terus ke bawah di tingkat provinsi, korwil untuk kota kabupaten, rayon sampai paling bawah sub rayon. Kini di Jawa saja sudah ada 8-11 ribuan anggota. Belum termasuk di propinsi lain sampai Papua. Bahkan kita punya cabang juga di Timor Leste yang dulunya Timor-Timur,” jelas  Boy dan Martin.

CITRA NEGATIF DAN PERBAIKAN IMEJ

Moonraker
Saat Moonraker dicap sebagai geng beringas yang suka berbuat onar.  Irvan membantah anggapan ini. Mereka menyebut diri mereka sebagai klub yang berbasis hobi. Pengurus yang ditemui BIKERS sangat serius menanggapi masalah ini.

“Media juga kadang tak berimbang memberitakan sepak terjang Moonraker. Jika berkaitan dengan pertarungan, balap liar atau tindak kekerasan, selalu diberitakan besar-besaran. Kepolisian, pemerintah daerah, media punya andil juga di soal citra buruk ini,” gemasnya. “Kadang terpikir juga memberikan hak jawab pada media yang negatif memberitakan, tapi kami urungkan niat agar wacananya tidak berkembang lebih jauh,” jelas mereka.

Di sisi lain, wajah positif klub kadang kurang tersorot. Life Members Moonraker yang punya prestasi di bidang motosport semisal Irvan Octavianus, Beni Baong’ Pria adalah life member yang berprestasi. Kami juga tercatat sebagai klub motor satu-satunya yang mampu menyelenggarakan event road race dan dinobatkan menjadi klub terbaik oleh IMI Jabar.
”Terus terang kami sangat salut dengan klub ini. Prestasi dan jasanya bagi Jawa Barat sudah banyak. Mereka pun sangat kooperatif membantu kemajuan dunia sport di Jawa Barat dan kegiatan klub lainnya,” puji Robby Sumarna, Biro Layanan Masyarakat IMI Jabar. Ia sering bekerja sama dengan Irvan yang ditunjuk sebagai pelatih tim balap Jabar dan Benny Pria untuk dipersiapkan sebagai wakil Jabar di Pon 2012. Mereka bekerjasama dengan Martin yang juga dipercaya Jawa Barat duduk sebagai pejabat IMI di pembinaan prestasi komisi roda 2.

Secara klub mereka juga aktif dalam kegiatan sosial. Penanaman pohon sebagai wujud kepedulian pada lingkungan bersama aparat dilakoni baru-baru ini. Tak lama lagi mereka juga akan merealisasikan pembuatan bak sampai sepanjang jalan Dago agar  zona ini menjadi bersih dan indah. Baru lalu  mereka bekerja sama dengan Nahdlatuh Ulama, sebagai ormas keagamaan terbesar di Indonesia untuk membantu korban Merapi di Jogjakarta.

KAGOK EDAN !!!

Moonraker
Mau tak mau Moonraker kerap dijuluki sebagai geng motor. Artinya, mereka dituduh sebagai notorious, biang kerok dan penyebar teror. Akibatnya geng motor akan dibubarkan oleh aparat kepolisian.

Karena mereka kerap masuk dalam lingkaran ini, life members, pengurus dan pengamat klub tentu bereaksi. Moonraker tercatat sebagai anggota IMI dan pernah dinobatkan jadi jadi klub terbaik dengan  basis masa besar.”Tentunya ini menjadi pertimbangan serius pemerintah untuk tak mengkategorikan kami sebagai geng motor,” jelas  mereka.  Dampaknya langsung pada members. Mereka yang punya KTA Moonraker misalnya, mengalami kesulitan untuk mengurus kelakuan baik di kepolisian sampai kemungkinan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Robby sebagai ‘outsiders’ atau orang luar dari klub berkomentar,”Tentunya harus dikaji ulang dan dipikirkan serius. Pemerintah harus bijak dan adil membahas masalah ini. Dari sisi IMI Jabar, klub ini terbilang profesional dan berprestasi,” serius Robby. Intinya, mereka harus dibina bukannya dimusuhi.

Semoga pemerintah dan kepolisian lebih jeli, bijak dan  mempergunakan kekuatan intelejen mereka secara maksimal untuk memilah mana geng, mana klub juga mana provokatornya!


Sumber : isfandiari.wordpress.com

Moonraker, Cara Jitu Mengubah Imej Dengan Balap


Moonraker
Anggota Moonraker Indonesia (foto oleh otomotifnet.com)


Buat bikers area Jawa Barat, nama Moonraker memang menjadi legenda. Dari dulu, mereka terkenal punya life members yang ‘doyan’ balapan. 


Namun, akhir-akhir ini di mata masyarakat mereka punya imej negatif sebagai geng beringas yang selalu membuat onar. “Selalu ada yang mencap kita sebagai gangster,” buka Sutia Firmansyah, Ketua Umum Moonraker Indonesia.

Moonraker
Julukan geng anarkis selalu dinobatkan kepada Moonraker sehingga membuat mereka merasa tidak nyaman. Karena itu, sekarang mereka selalu berusaha menunjukkan bahwa saat ini Moonraker punya life members berkelakuan baik.

“Untuk mewujudkannya, sekarang, apabila pengurus Moonraker Pusat mengadakan event balap di daerah maka anggota Moonraker yang di daerah itu kita jadikan panitia,” tegas Sutia yang nyaut dipanggil Tiut.

Seperti pada gelaran road race yang diselenggarakan di Sirkuit Sadang, Purwakarta (3-4/11) kemarin, semua anggota Moonraker chapter Purwakarta dilibatkan sebagai panitia gelaran. 

"Selain jadi panitia banyak juga anggota Moonraker yang ikutan balap” tambah Aan Hanafi dedengkot Moonraker Purwakarta. Tujuannya, agar motto wanieun alias berani tetap terjaga. 

“Maksud wanieun yang dalam bahasa Indonesia berarti berani. Tentu konteksnya adalah berani dalam hal yang positif. Seperti berani di soal berprestasi,” rinci Tiut lebih jauh.

Salut, Bro!

Sumber : otomotifnet.com

Minggu, 19 Mei 2013

Moonraker Pencetus Berdirinya Brigez Indonesia

Brigez
OKP Brigez Indonesia

Sejarah Singkat MOONRAKER Pencetus Berdirinya Brigez

Moonraker

Brigez mulai berdiri sekitar tahun 1986-1987 berlokasi di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung yaitu SMA Negeri 7 Bandung, pencetusnya diantaranya merupakan anggota dari klub motor MOONRAKER era tahun 1980, yaitu Kang Soni Wasita, Kang Adang, Kang Dadi dan Kang Teguh Gumilar yang sekarang menjabat sebagai Dewan Pembina DPP Brigez serta rekan-rekan dari SMAN 7 Bandung. Brigez mulai eksis sekitar tahun 1987-1988, pada awal Desember 1988 Brigez diteruskan oleh angkatan Cecep Hendra Erawan.

Sekitar Tahun 1990-an, ada beberapa nama yang ikut serta meneruskan eksistensi Brigez di tahun tersebut, antara lain adalah Cecep Hendra Erawan yang sekarang menjadi Ketua Umum Brigez periode 2010 – 2013, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Di era 90-an ini Brigez sudah mulai mengikuti kejuaraan Road Race yang diantaranya diselenggarakan oleh Suzuki, Yamaha, dll.

Brigez pada era 1990-an terdiri dari beberapa orang anak-anak SMAN 7 Bandung yang kira-kira mempunyai suatu kesamaan pemikiran yang menginginkan suatu ikatan persaudaraan yang erat. Dari kesamaan pemikiran itulah Brigez mulai sedikit-sedikit meluas ke wilayah-wilayah atau sekolah-sekolah lainnya.
Salah satu kegiatan yang sering mereka lakukan adalah nongkrong sana sini, dan mengotak-atik motor, dari hobi sebagian anggotanya yang suka mengotak-ngatik motor mulai lah mereka suka mengikuti balapan liar maupun balapan resmi.

Dengan kegiatan itu lah nama Brigez mulai di kenal di Kota Bandung, dan mulai mempunyai regenerasi dari tahun ke tahun. Kalau bisa di ibaratkan ternyata Brigez itu ibarat “VIRUS” yang menyebar dengan cepat, hampir dibeberapa sekolah di Kota Bandung dan beberapa wilayah ada anak Brigez.

Brigez terkenal dengan anak motornya, yang hampir setiap minggu melakukan kumpul-kumpul bersama, baik di wilayah masing-masing ataupun melakukan kumpul bersama yang biasa di lakukan di tempat pertama kali nama Brigez muncul yaitu SMAN 7 Bandung.

Brigez mulai bergeliat dan mereka menyepakati untuk memakai bendera berwarna Biru Kuning yang memiliki filosofi tersendiri. Warna Biru mencerminkan tali persaudaraan yang tidak terukur dengan apapun sedangkan Warna Kuning sendiri bermakna mewarnai dengan kata lain tali persaudaraan itu terbentuk semakin erat dikarenakan oleh karakteristik dari pada anggotanya yang berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu menjadi Keluarga Besar Brigez.

Sempat sekitar tahun 1997 an terjadi pergesekan di antara elit Brigez, hal itu mengakibatkan terjadinya perpecahan, dari perpecahan itu bermunculan beberapa nama dan Brigez sendiri terpecah menjadi 2 kelompok, ada yang tetap memakai bendera Biru Kuning dan ada yang memakai bendera Merah Putih Hitam.

Setelah beberapa tahun Brigez terpecah, sekitar tahun 2000 an, Brigez yang terpecah tersebut mulai merapatkan barisannya lagi untuk bersatu kembali menjadi Brigez sebagaimana era tahun 90-an harapkan. Barangkali dari proses perpecahan tersebut banyak dari para senior Brigez yang merenungkan tujuan awal berdirinya Brigez, dan mereka dengan berfikir kenapa Brigez harus terjadi perpecahan sedangkan tujuan nya di bentuk Brigez adalah untuk menjadikan Keluarga Besar, dan alhamdulilah Brigez dapat bersatu kembali dan semakin solid.

Dikarenakan semakin lama Brigez berdiri, ternyata anggotanya semakin banyak dan mulai merambah keluar Kota Bandung malahan sampai keluar Propinsi. Oleh karena itu sekitar Awal Tahun 2010 an diadakan lah suatu Jambore Nasional yang dihadiri oleh para anggota dari segala penjuru. Acara Jambore Nasional yang diadakan di Pangandaran itu mempunyai Visi Misi yang sangat bagus sekali, selain sebagai ajang temu kangen para anggota, merayakan hari jadi Brigez yang terbentuk tanggal 6 Januari, acara Jambore ini juga menghasilkan beberapa keputusan yang sangat penting sekali, salah satunya adalah menjadikan Brigez sebagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda.

Dari hasil Jambore tersebut mulailah dibentuk suatu kepengurusan untuk merealisasikan hasil-hasil yang dibahas di acara tersebut. Selain dibentuk kepengurusan Pusat, untuk mempercepat proses menjadi OKP tersebut maka dibentuk pula pengurus-pengurus wilayah.
Para pengurus pusat langsung membuat suatu Program Kerja, baik untuk tingkat Pusat maupun untuk Wilayah. Program Kerja yang dibuat oleh Pusat ternyata mendapat sambutan yang sangat positif sekali dari para anggota yang berada di Wilayah. Oleh karena itu mulailah semua lini bergerak untuk mensukseskan apa yang di cita-citakan bersama ketika di Jambore Pangandaran.

Sekarang Brigez telah memiliki visi dan misi yang lebih jelas, oleh karena itu kami menghimbau teruskan perjuangan rekan-rekan semua, ikutilah aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Brigez.
Kami selaku Organisasi Brigez, siap membantu pihak aparat untuk memberantas aksi premanisme dijalanan, salah satu cara kami adalah terus dengan tidak bosan-bosannya pengurus melakukan himbauan terhadap para anggotanya agar bergerak sesuai dengan Hukum di Negara RI yang kami cintai ini.
Kami sadar masih ada beberapa “OKNUM” dari pihak kami yang masih keluar dari aturan AD/ART Organisasi, tetapi kami selaku pengurus akan terus berjuang untuk menyadarkan mereka bahwa apa yang diperbuat oleh mereka itu salah.
Selain itu kami sudah membuat AD/ART yang harus ditaati oleh semua pihak yang menjadi anggota Brigez.

Kami selaku pengurus juga berharap kepada pihak media massa agar apabila meliput suatu tindakan kriminal, dan diduga ada kaitannya dengan organisasi Brigez, agar tidak langsung menuliskan dengan jelas itu adalah salah satu anggota Brigez, alangkah eloknya apabila dalam penulisannya menggunakan kata “diduga oknum dari anggota Brigez”, intinya kami sudah sepakat bahwa organisasi Brigez dibentuk bukan bertujuan untuk kriminal, tetapi menjadi suatu wadah bagi para pemuda untuk berkreasi dan yang pasti harus bermanfaat bagi pribadi khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Penulis : Seli Sulider Mb (SekJen Brigez Indonesia 2013)
Editor : admin

Sabtu, 20 April 2013

Moonraker Bersama Wakil Walikota Bandung Menggagas Ide Peduli Lingkungan

Moonraker
Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda berfoto bersama para anggota klub motor Moonraker

Moonraker Indonesia menggelar acara Bakti Sosial (Baksos) dengan tema "Peduli Lingkungan" tepat pada hari Minggu (10/2/2013) dibilangan Dago, Jawa Barat. Acara yang dikonsep oleh para anggota Moonraker mendapat sambutan positif dari berbagai pihak yang turut bekerjasama dengan warga sekitaran Dago sekaligus menjalin kedekatan dengan warga.


Moonraker
Ketua Panitia Moonraker Peduli Lingkungan, Nova Prayoga (foto oleh otomotifzone)

"Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai media pemersatu dengan masyarakat bahwa kita adalah club motor atau pecinta otomotif yang mempunyai kehidupan dan selalu berkelakuan baik, bukan yang terkesan sangar dan brutal ala Geng Motor sekaligus mengahapuskan sisi negatif dimata masyarakat, dan menjalin silaturahmi." ujar Nova Prayoga alias Biwir Dago sebagai Ketua Panitia.

"Manfaat bagi Moonraker sendiri untuk pencitraan agar bisa menitipkan diri dimanapun berada tapi bukan untuk kriminal dan tidak selalu dipandang negatif menunjukan bahwa kami mempunyai jiwa yang sosial," ujarnya.


Moonraker
Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda menyempatkan hadir dan melihat langsung kegiatan baksos tersebut, beliau sengaja datang sambil berolahraga sepeda. Sekitar kurang lebih 300 anggota turut berpartisipasi dalam kegiatan baksos ini, dan kehadiran dari perwakilan beberapa paguyuban. Kegiatan yang dilakukan adalah pengecetan, pembersihan tanaman - tanaman liar, dan pembersihan gorong gorong berupaya agar tidak terjadi banjir.

Menurut Kang Ebeth selaku Seksi Rohani, "Untuk rencana kedepan tetap fokus dalam pembersihan jalan, pengecatan trotoar karena selama ini kalau malam hari trotoar disekitaran dago tidak terlihat sehingga sering menimbulkan kecelakaan, dan bikin sumur serapan untuk menghindari banjir. Mudah-mudahan pemerintah dapat memberikan bantuan dana dalam kegiatan kegiatan yang positif ini."

"Banyak hal positif dalam kegiatan ini menjadi ajang silahturahmi, dari temen temen masing wilayah, untuk titik pertemuan secara global dengan awalnya digelar kegiatan ini, menghapus citra negatif yang seperti masyarakat nilai. Kegiatan ini juga mendapat respon baik dari pejabat - pejabat tertentu, dan Moonraker sendiri sudah berkomitmen tidak ada unsur apa-apa yang berbau politik," tambah Tiut sapaan akrab Sutia Firmansyah yang menjabat sebagai Ketua Moonraker.


Penulis : Indra | Foto : Indra
Sumber : www.otomotifzone.com

Sabtu, 22 September 2012

Moonraker Legenda Klub Motor, Bukan Geng Motor

Moonraker
Konvoy damai Komunitas Moonraker Indonesia

Moonraker ! Nama legenda klub motor. Salah satu klub motor tertua di Bandung, Jawa Barat. Ngetop dengan nama Moonraker Indonesia Sport Club (MISC) atau M2R. Komunitasnya penjeplak berbagai merek Jepang. Sudah ada sejak tahun 1978.

M2R lahir bukan tujuannya bikin keonaran. Tetapi, dulu-dulu memang pengikutnya remaja semua. "Berjiwa panas". Tidak dipungkiri juga ada yang berandalan. Termasuk di dalamnya ada yang membonceng M2R untuk berpolitik. "Karena saking besarnya M2R sekarang, saya lihat sudah tertib," sebut Iswandani, mantan anggota M2R 10 tahun lalu. Pak Dani, begitu dia biasa disapa. Saat ini ia mengajak anak-anak M2R berprestasi di dunia balap motor.

Menurut Pak Dani, "Kalau geng berantemnya sesama geng. Jarang tuh sampai masuk-masuk ke toko seperti yang terjadi di Jakarta. Tapi itu dulu. Kalau sekarang, saya dengan ketua M2R mampu membawa M2R ke hal ataupun kegiatan positif. Kami bisa mengontrol para anggota dengan baik," tambah Pak Dani.

Anggota M2R sudah bercabang chapter hampir seluruh Indonesia. Paling sedikit 11.000-an anggota yang aktif.
“Potret M2R dulu memang dicap sebagai geng motor, tetapi berkat komitmen para anggota sejak lima tahun lalu, kami berusaha harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif dan Itu wajib,” buka Irvan Octavianus, ketua umum

Irvan OC adalah mantan pembalap motor nasional dari Bandung. Mantan pembalap inti Yamaha Racing Indonesia, saat Yamaha belum membangun tim seperti sekarang. Dia seangkatan Petrus Tobun Canisius dan ia juga salah satu dari lima pembalap generasi pertama yang pernah belajar balap motor di Spanyol.

Moonraker membuktikan mereka bukan geng brandal. Salah satu bukti mereka dapat dilihat yaitu sering melakukan bakti sosial, penanggulangan bencana, ataupun kegiatan positif lainnya. Paling jelas anggota Moonraker memiliki prestasi membanggakan di ajang balap motor diantaranya road race, grasstrack, drag bike, hingga motocross. Moonraker juga sudah terdaftar di IMI Jabar sebagai klub motor hobi.
"Kalau geng, tak pernah ada identitasnya di sana. Malu dong, ketua kami kan pengurus IMI Jabar,”tambah Martin Hidayat selaku Sekretaris Jendral Moonraker Periode 2010-2012.

Selain jadi atlet balap motor, hampir sebagian anggota Moonraker direkrut menjadi racing committee (RC) atau sekaligus jadi promotor event balap. “Moonraker berupaya mengubah citra. Bahwa komunitas ini, memiliki visi dan misi positif,” tutup Irvan. Alamat Sekretariat Moonraker Jalan Sukaresmi, Kp. Bengkok No. 16 Dago Atas, Bandung, Jawa Barat

Sumber: Maniak Motor

Klub Motor Moonraker Tanam Pohon Produktif

Moonraker
"SEKRETARIS Klub Motor Moonraker Indonesia, Iqbar 'Tuponk' Firdaus (kedua kanan) bersama Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda mengangkat bibit pohon untuk ditanam di sekitar Curug Dago Kota Bandung, Minggu (28/11)."

Moonraker
Klub motor Moonraker Indonesia Sport Club Kota Bandung menginisiasi penanaman pohon di sekitar Curug Dago, Kota Bandung, Minggu (28/11). Selain untuk mendukung salah satu agenda prioritas Kota Bandung, penanaman pohon juga dilakukan untuk memulihkan citra geng motor yang kian negatif di mata masyarakat.

Moonraker
MoonrakerMoonraker

MoonrakerPuluhan anggota klub motor Moonraker dari seluruh Kota Bandung melakukan penanaman sekitar seratus pohon produktif, di antaranya mangga, nangka, dan rambutan. Penanaman pohon ini juga dilakukan bersama dengan Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda dan perwakilan warga Dago Bengkok, Kel. Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

Sekretaris Moonraker Indonesia, Ikbar 'Tuponk' Firdaus mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan untuk menunjukkan kontribusi Moonraker terhadap kesehatan lingkungan di Kota Bandung. Menurut dia, kegiatan itu akan terus ditindaklanjuti dengan pemeliharaan pohon yang telah ditanam. “Selain di Curug Dago, kami juga akan menanam pohon di beberapa titik di daerah Dago,” katanya.

Iqbar menuturkan, penanaman pohon ini merupakan titik awal pengembalian citra geng motor yang kini kian buruk di mata masyarakat. Menurut dia, saat ini pengurus Moonraker juga tengah melakukan pembinaan kepada sejumlah juniornya agar tidak terlibat dalam aksi anarkistis. “Jika ada anggota kami yang berlaku anarkistis, kami tidak segan-segan mengeluarkannya dari keanggotaan,” tuturnya. Dia menambahkan, kegiatan ini juga diharapkan dapat diikuti anggota Moonraker di luar Kota Bandung.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Program Donor Darah Moonraker Indonesia


Moonraker
Para anggota Moonraker menyempatkan berfoto bersama pada kegiatan donor darah (foto oleh Imola)

MoonrakerPalang Merah Indonesia Kodya Bandung pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2011 sekitar pukul 14.30 diserbu club motor yang beratribut merah putih biru dengan tulisan MOONRAKER, penyerbuan yang hampir mendatangkan sekitar 150 massa berseragam M2R tersebut tidak menimbulkan keributan yang menghawatirkan, tidak ada tindakan anarki maupun mencederai siapapun, Justru hampir 50% persen anggota relawan/peserta dari Moonraker-lah yang dianiaya dan ditusuk jarum-jarum tajam petugas PMI yang sigap dan tega menyedot darah para anggota MOONRAKER yang rata-rata diambil 350 cc darahnya dan tidak ada satupun perlawanan dari anggota yang mempunyai hampir 12 ribu anggotanya ini diseluruh Indonesia.

Moonrakersetelah diselidiki, ternyata Klub MOONRAKER yang selama ini dianggap oleh sebagian masyarakat biang onar, ternyata dibulan suci Ramadhan ini dengan suka rela, ikhlas serta niat yang tulus pada hari Jum’at yang suci ini mendatangi kantor PMI Kodya Bandung untuk mendonorkan darahnya demi kelangsungan hidup sesama. “Subhanallah, sangat mulianya anggota klub Moonraker Indonesia Sport Club  ini. Ayo buktikan dengan karya nyata dan bakti bagi sesama, tunjukkan kalau anda semua juga mempunyai rasa peduli terhadap sesama, saling berbagi dan mengasihi" Ujar Kiki hakita S selaku penggagas, kordinator dan sekaligus sesepuh M2R ini.

Moonraker
Kegiatan sosial tersebut juga dihadiri oleh petinggi M2R, sebut saja Irvan Octavian, Dandy Elvandi, Andreas, Kemplu dan teman-teman pengurus club yang lain, dihadiri pula oleh Martin Hidayat dari Biro Pelayanan masyarakat Pengrov IMI Jabar yang setia mendampingi sampai acara selesai.
Mantap dan salut untuk MOONRAKER. Salam Wanieun...!!!

Sumber: IMI JABAR



Moonraker
Moonraker Indonesia (Foto Oleh Imola)
 

Moonraker Ikut Sumbang Gedung Baru KPK

Moonraker
Gambar: Ilustrasi

Moonraker Indonesia, organisasi klub motor, ikut menyumbang untuk pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka mengaku ingin ikut berpartisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi.

Humas Moonraker Indonesia, Sena mewakili Moonraker menghadiri acara penggalangan saweran buat gedung baru KPK di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (11/7/2012) dalam penggalangan dana yang digagas Wakil Wali Kota Bandung, Ayi Vivananda, bertajuk Forum Demokrasi untuk Melawan Korupsi. "Tadi ikut nyumbang 150 ribu rupiah," kata Sena sambil tersenyum.

Pihaknya sebagai perwakilan pemuda Bandung Utara, salah satu basis Moonraker Indonesia di Bandung. "Di sini kita sebagai perwakilan pemuda jangan sampai terjebak ke dalam lingkup korupsi," ujarnya. Tak hanya terhenti di tempat itu saja, Sena siap mendirikan posko koin peduli gedung baru KPK di Sekretariat Moonraker, Jalan Dago Pojok No.1, Kota Bandung. "Ini kepedulian kami terhadap KPK, Para pemuda jangan terjebak kedalam korupsi. Saya siap mengajak pemuda dan anggota Moonraker berjumlah sekitar seribu orang untuk melawan korupsi," tutur Sena.

Dia menyebut, Moonraker Indonesia memiliki anggota 1.000 orang lebih. Di Bandung, anggotanya tersebar di simpang utara Dago hingga Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Setelah mengikuti Forum Demokrasi untuk Melawan Korupsi itu secara resmi Moonraker akan melakukan aksi penggalangan dana di sekretariatnya Jalan Dago Pojok 1 Bandung, maupun dengan cara turun ke jalan.

"Turun ke jalan jangan diartikan konvoi, tapi sebagai aksi simpatik yang dipusatkan di satu titik lalu menyebar," terangnya.

Dia berharap semua anggotanya mau menyumbang dana untuk KPK. Namun, pihaknya tidak mematok angka raihan penggalangan dana. "Targetnya, ya ketulusan dulu dalam menyumbang untuk gedung baru KPK," tandasnya. 

Selama ini, Moonraker dikenal masyarakat sebagai salah satu geng motor di Bandung. Lambat laun, cap berandalan bermotor mereda. Sebagai organisasi klub sepeda motor yang terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar, Moonraker terus berusaha menepis anggapan miring masyarakat.

Kegiatan postif pun diusung, seperti menggelar kegiatan bakti sosial. Itu demi menegaskan bahwa cap sebagai geng motor tak pantas diarahkan pada Moonraker. "Itu (geng motor) hanya pandangan masyarakat saja. Kami bukan geng motor," jelas Sena.

Sementara itu, Kelompok sipil di Kota Bandung berkomitmen mendirikan posko-posko saweran membantu menyumbang pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Posko itu nantinya bertebaran di sejumlah wilayah Bandung.

Pendirian posko tersebut digagas Kelompok Sipil Pro Demokrasi Antikorupsi (KSPDA). Beberapa kelompok sipil yang hadir antara lain Wargi Asal Garut (Wi Asgar) Bandung, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), Komite Peduli Jawa Barat (KPJB), Paguyuban Bendjang, Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Jabar, dan klub sepeda motor Moonraker Indonesia Sport CLub.

Sebagian posko di Kota Bandung sudah siap menerima sumbangan dari masyarakat untuk pembangunan gedung KPK. Lokasinya antara lain sekretariat WI Asgar di Jalan Buahbati No.3, sekretariat FORMI di Jalan Lodaya (Lapang Tembak Lodaya), sekretariat KPJB di Jalan Asia Afrika Gedung No.9 (Gedung Dezon), sekretariat Parfi di Jalan Merdeka (Gedung GGM), Paguyuban Bendjang di Jalan AH Nasution (Alun-alun Ujungberung), dan sekretariat Moonraker di Jalan Dago Pojok No.1.

Sumber: Detik Bandung, okezone.com  

Bakti Sosial Untuk Masyarakat

Moonraker
Wakil Walikota Bandung Berfoto Bersama Para Anggota Moonraker Indonesia

"Jangan sebut kami gank motor lagi”, begitu kira-kira seruan hati sekitar 10.000 anggota Moonraker Indonesia Sport Club (MISC).

Untuk memupus image negatif tadi, komunitas di bawah komando Irvan OC ini gencar menggelar berbagai program. Antara lain, bakti sosial, peduli bencana, dan terlibat di berbagai kegiatan balap motor, road race, grasstrack, hingga motocross.

Kampanye tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun, sejak MISC resmi jadi klub yang menginduk ke Pengprov IMI Jabar.” Intinya, kita sudah enggak main-main lagi untuk berubah ke arah klub yang benar-benar berguna buat anggota dan sekeliling kita,” buka Irvan OC.

Selama 2 bulan terakhir (Oktober-November), klub yang bermarkas di Dago Atas, Bandung ini aktif dalam kegiatan lingkungan hidup bersama Pemkot Bandung. “Dari bersihin sungai, hingga penghijauan beberapa wilayah yang sekiranya gundul,” tambah Martin Hidayat, Sekretaris Jenderal Moonraker Indonesia Sport Club (MISC).

Tidak hanya di Bandung, kegiatan sosial mereka juga menjangkau Yogyakarta dan Sumatera. Saat terjadi bencana gunung Merapi di Yogyakarta dan tsunami di kepulauan Mentawai, secara spontan MISC kumpulkan dana di sepanjang jalan Dago.

“Hingga kini, kita terus mengumpulkan sumbangan itu. Dan hasil akhir sumbangan akan kita serahkan kepada IMI Jabar untuk disalurkan.” Jelas Iwa dan Ebeth, anggota MISC.

Sumber: Otomotif Zone.com

Kamus Balap



A

Aerodinamis
Bentuk desain luar kendaraan/helm/wearpack  yang ditujukan untuk mengurangi pengaruh pergerakan udara yang dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan ketika bergerak.
Akselerasi
Percepatan atau penambahan kecepatan dengan cara memutar handel gas.
Alphanumeric
Kode yang terdiri atas huruf dan angka pada ban yang menunjukan ukuran ban standar.

B

Backstraight
Trek lurus yang terletak sebelum garis finish.
Backmarker
Pembalap yang posisinya paling belakang. Ia berada di depan pembalap lain tapi sebenarnya mempunyai jumlah lap yang lebih sedikit alias telah di-overlap oleh pembalap lain.
Backend
Bagian belakang body sebuah motor.
BHP
Brake Horse Power, Bentuk suatu kesatuan yg digunakan untuk mengukur tenaga mesin.
Bikers
Julukan bagi pengemudi atau penggemar sepeda motor.
Bore Up
Modifikasi yang dilakukan untuk menambah tenaga pada mesin motor standar pabrik, yang dilakukan dengan menambah kapasitas ruang bakar. Caranya adalah dengan memperbesar kapasitas silinder, lalu mengganti ukuran piston sesuai dengan penambahan ukuran silinder.

C

CC
Cubic Capacity (kapasitas kubik), Bentuk kesatuan yg digunakan untuk mengukur mesin.
Chassis
Biasa juga disebut sasis, adalah rangka sepeda motor. Sasis merupakan bagian paling dasar yang berfungsi mendukung mesin, suspensi, dan bagian-bagian lainnya, sassis menentukan stabilitas dan kenyamanan kendaraan.
Chatter
Getaran pada motor yang dapat mengganggu  pembalap yang mengendarai motor tersebut.
Cornering
Teknik memacu motor di tikungan dengan memiringkan motor dan menurunkan satu kaki (merebahkan motor).
Chicane
Trek menyerupai huruf ‘s’, yang biasanya terletak di antara trek lurus. Chicane dapat digambarkan sebagai  variasi tikungan pada sebuah sirkuit di mana terdapat dua atau lebih tikungan berbeda arah yang letaknya beruntun.
Chamber/Tikungan Chamber
Lintasan miring yang biasanya terdapat di tikungan, berfungsi untuk mempermudah pembalap melewati tikungan agar motor tetap melaju di jalur meskipun dengan kecepatan tinggi.
Conference Press Room
Ruang ini disediakan untuk memfasilitasi media yang melakukan liputan.  Di ruang inilah para pembalap bertatap muka dengan media, melakukan konferensi pers serta sesi wawancara dengan wartawan.
Crosser
Sebutan bagi pembalap supercross/motocross.
Chequered Flag
Bendera dengan motif kotak-kotak warna hitam-putih seperti papan catur. Gunanya sebagai tanda finish sebuah lomba atau akhir dari sebuah sesi (misalnya kualifikasi).
Clerk of the Course
Petugas yang memimpin seluruh petugas di trek, ia berwenang untuk menentukan kapan bendera tertentu harus dikibarkan pada trek tertentu.
CRT
Claiming Rule Team (CRT) merupakan tim yang ikut ambil bagian dalam ajang balapan MotoGP, namun tidak tergabung dalam asosiasi tim pabrikan dan tim MotoGP (MSMA). Tim CRT hanya memegang lisensi satu musim dengan FIM dan DORNA Motorsports. Tim ini diperuntukkan bagi tim privateer dengan dana terbatas untuk mengembangkan dapur pacu mereka, meskipun tim CRT sendiri nantinya akan tetap mendapatkan paket yang sama persis seperti tim pabrikan.

D

Deselerasi
Penurunan kecepatan, lawan kata akselerasi.
Drive Through Penalty
Manuver pembalap yang membahayakan pembalap lain. Pembalap yang melakukan pelanggaran ini harus masuk pit lane dan melaju dengan kecepatan maksimum 60km/jam.

E

F

Fairing
Bagian depan dan samping badan pada motor (bodywork).
Front End
Bagian depan body motor, berpengaruh terhadap kenyamanan dan kendali si pembalap.
Freestyle
Atraksi akrobatik bebas dengan menggunakan sepeda motor atau jenis kendaraan lainnya.
Factory Rider
Pembalap yang membela tim besar milik produsen motor tertentu yang tergabung dalam asosiasi tim pabrikan dan tim MotoGP (MSMA) serta memegang lisensi FIM dan DORNA Motorsports. Mereka bertanding dengan menggunakan kendaraan prototype pabrikan dari timnya.
Finish
Garis akhir yang menjadi tujuan pembalap untuk menyelesaikan perlombaan. Di sirkuit besar seperti Sentul, lokasi garis start dan finish bisa beda. Tapi, di trek dadakan dan trek kecil, garis start dan finish dijadikan satu.
Flag, Black
Tanda bahwa ada pembalap yang terkena diskualifikasi karena melakukan pelanggaran berat, black flag akan diangkat bersama-sama dengan nomor start pembalap yang dimaksud. Pembalap yang terkena black flag wajib untuk segera kembali ke pit, dan tidak dapat meneruskan perlombaan.
Flag, Red
Tanda bahwa balapan dihentikan/ditunda.
Flag, Yellow
Menandakan sedang terjadi insiden/kecelakaan di lintasan saat balapan sedang berlangsung. Para pembalap wajib mengurangi kecepatan dan dilarang melakukan overtaking di zona berbendera kuning.
Flag, Green
Adalah tanda bahwa balapan sudah siap untuk dimulai atau siap dilanjutkan apabila sebelumnya terjadi penundaan.
Flag, Blue
Tanda untuk pembalap backmarker (paling belakang) yang mengharuskan untuk memberi jalan pada pembalap di urutan depan yang akan melakukan overlaping.
Flag, White
Tanda bahwa telah terjadi perubahan cuaca (misalnya:hujan) para pembalap diperbolehkan mengganti motor (Motogp dan Superbike) dan atau mengganti ban (F1,motogp,supebike).

G

Gantung Gas
Memutar gas motor sampai habis untuk mendapatkan kecepatan maksimal.
Garpu
Tabung yg berbentuk untuk menahan roda dan stang motor agar tetap berada di tempatnya
Gas 
Bagian dari motor yang digunakan untuk membuat motor agar bisa melaju lebih cepat ataupun lambat.
Gravel
Area di luar trek yang terdiri dari hamparan pasir, batuan kecil atau kerikil. Berfungsi sebagai penahan kecepatan motor yang keluar dari sirkuit agar tidak menghantam pagar pembatas sirkuit.

H

Handling
Tingkat kemampuan kendaraan untuk menukik atau berbelok.
High Speed Corner
Tikungan kecepatan tinggi. Bentuknya membulat yang memungkinkan pembalap gantung gas ketika melintasi tikungan ini. Sebutan rolling speed juga sering dipakai di sini.
Hairpin Corner
Disebut juga tikungan tusuk konde, karena bentuknya menyerupai tusuk konde. Di arena balap tanah air dikenal dengan sebutan tikungan balik badan. Tikungan ini berupa tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis, bahkan, tidak jarang sampai harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar, sesuai ukuran sirkuit.

 I

J

Jump start
Istilah bahasa Inggris untuk mencuri start. Pembalap yang mencuri start adalah pembalap yang bergerak lebih dahulu sebelum lampu start padam (mendahului start).

K

Kerb
Gundukan gerigi yang diberi tanda cat warna-warni yang biasanya terdapat di tepian lintasan balap, khususnya di daerah tikungan. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan kembali ke dalam racing line, jika posisi motor terlalu keluar akibat kecepatan. Kerb lebih nge-grip daripada aspal, sehingga akan menahan kendaraan keluar lintasan.
Kamera Jump Start
Kamera yang terletak di pinggir lintasan di sepanjang starting grid. Fungsinya untuk memantau pergerakan setiap pembalap saat start, agar bisa diketahui jika ada pebalap yang mencuri start.
Kamar Hitung
Ruangan untuk pimpinan lomba, atau dikenal juga sebagai race director room. Dari sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan gerak-gerik pembalap.

L

Lap
Satu putaran trek dalam arena balapan.
Long Run
Simulasi balapan.
Lap time
Waktu yang dihabiskan seorang pembalap untuk menempuh satu putaran lap.
Lampu start
Bentuknya mirip dengan lampu lintas. Perbedaannya,  pada lampu lalu lintas warna merah berarti berhenti dan warna hijau jalan, sementara dalam balapan, start dimulai jika lampu merah padam.
Lap Board
Papan bertuliskan angka-angka yang ditunjukkan pada setiap pembalap melintasi garis start. Papan ini menunjukkan sisa lap balapan yang harus dilalui oleh pembalap. Misalkan angka 12, maka pembalap masih harus mengitari 12 sirkuit sebanyak 12 kali.
Late braking
Teknik untuk mendahului dengan cara mengerem lebih lambat daripada pembalap yang akan didahului.

M

Marshall
Petugas disekeliling track terdiri dari flag, fire, track, course marshall, grid marshall.
Motocross
Salah satu cabang olahraga motorsport yang digelar di trek non aspal.
MotoGP
Rangkaian seri grand prix motor yang paling bergengsi di dunia dengan penyelenggara DORNA yang berdomisili di Spanyol, mempertandingkan tiga katagori 125cc, 250 cc ( yang akan berubah menjadi GP Mono 600cc) dan MotoGP.

N

O

Overlap
Kondisi di mana pembalap tertinggal atau meninggalkan lawannya hingga satu lap atau lebih dari pebalap lain.
Overtaking
Pergerakan motor atau mobil untuk menyusul lawan di depannya pada sebuah kegiatan balap. Namanya balapan pasti adu cepat dan siapa yang paling cepat adalah yang paling depan. Untuk menjadi yang paling depan, ada kalanya harus menyusul lawan, itulah overtaking.

P

Paddock/Paddock Area
Tempat yang paling steril di arena balapan. Di sinilah seisi tim berkumpul, mulai pembalap, manajer tim, mekanik hingga motor balapnya. Paddock Area menjadi tempat di mana mereka merancang strategi hingga setingan motor. Pada kompetisi papan atas, paddock dibagi menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap istirahat dan tempat menerima pihak sponsor dan wartawan.
Paddock Girl
Perempuan muda yang bertugas untuk memayungi pembalap agar tidak terpapar matahari. Seringkali mereka juga menjadi model promosi dengan memakai atribut sponsor di kostumnya. Pada dasarnya Paddock Girl sama dengan Umbrella Girl, hanya saja Paddock Girl dipekerjakan oleh tim balap yang ikut serta dalam kejuaraan, bukan penyelenggaranya.
Part
Bagian-bagian yang menyusun sebuah kendaraan.
Pit stop
Pit stop adalah tempat di mana pembalap menghentikan kendaraannya saat balapan berlangsung untuk urusan teknis seperti pengisian bahan bakar, penggantian ban, pengecekan mesin, dsb. Dalam sebuah balapan, setiap tim memiliki pit stop masing-masing, lengkap dengan pit crew dan berbagai fasilitasnya.
Pit Area
Seluruh area pit yang terdiri atas pit in, pit out, pit lane, dan pit stop.
Pit Lane
Jalur yang menghubungkan pit stop dengan trek balapan, digunakan pembalap untuk keluar masuk pit stop.
Pit Crew
Kru mekanik dan teknisi yang berada di dalam pit dan bertanggung jawab atas kebutuhan pembalap dan kendaraannya di dalam pit stop. Seorang pit crew harus dapat bekerja dengan cepat, cermat, dan teliti, satu kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal, tidak hanya bagi catatan waktu pembalap, namun juga bagi keselamatannya.
Pit Strategy
Strategi yang digunakan sebuah tim balap untuk mengatur keluar masuk pit dalam sebuah balapan, termasuk perencanaan aktivitas  yang akan dilakukan di dalamnya. Selain kehebatan mesin dan kebolehan untuk adu cepat di trek, pit strategy juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kemenangan sebuah tim dalam balapan.
Pit In
Jalan masuk pit (entrance).
Pit Out
Jalan keluar pit (exit).
Podium
Tempat penghormatan bagi pembalap-pembalap  yang menjadi juara untuk menerima penghargaan. Bisa berada di atas podium adalah gengsi bagi setiap pembalap, yang akan menjadi catatan sepanjang karir balapnya.
Pole Position
Posisi start balapan yang berada di urutan paling depan, ditentukan berdasarkan hasil babak kualifikasi.
Pole-Sitter
Pembalap yang start di pole position.
Post Marshall
Tempat berkumpulnya petugas di sekitar lintasan seperti Flag Marshall, Fire Marshall, Course Marshal. Jumlahnya sama dengan jumlah tikungan yang ada karena lokasinya terletak sebelum tikungan.
Privateer
Pembalap/tim independen non pabrikan yang menggunakan dana pribadi.

Q

QTT (Qualifying Time Trial)
Kualifikasi untuk menentukan posisi pembalap diberikan waktu beberapa menit untuk mengitari sirkuit guna mendapatkan waktu tercepat. Misalnya selama 30 menit, pembalap boleh melintasi sirkuit berapapun dia suka. Sekali, dua kali atau bahkan 10 kali asal waktunya masih di dalam 30 menit tadi. Pembalap diperbolehkan keluar masuk paddock untuk mengatur setingan motor. Waktu terbaik, berhak start di grid pertama.

R

R
Istilah untuk tikungan, dengan R diambil dari kata Radius. Penyebutan ini berlaku untuk semua tikungan. Makanya, ada R1 dan seterusnya.
Rider
Pengendara kendaraan tertentu. Istilah yang bersifat umum, namun identik juga dengan pembalap.
Racing
Balapan, segala sesuatu yang berhubungan dengan balapan.
Racing line
Rute yang harus diambil pebalap untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan perlombaan.
Rider pabrikan
Lihat Factory Rider.
Race Director Room
Lihat kamar hitung.
Racer
Pembalap, dalam balap professional, pembalap tidak ikut serta sebagai individu melainkan mewakili tim tertentu.
Rolling Speed
Teknik menggantung gas (Rpm) saat menikung  dalam kecepatan tinggi.
Race Control
Tempat pimpinan perlombaan racing beserta asistennya memberi petunjuk atau perintah kepada petugas-petugas yang menyebar di trek, memonitor seluruh kejadian di sekitar sirkuit. Dalam ruangannya dilengkapi dengan CCTV (close circuit television), public announcement system (PA), alat komunikasi (handy talkie). Letaknya ada di atas tower dekat garis start atau finish.
Race Director
Pimpinan lomba. Berwenang menentukan jalannya lomba hingga finish dengan memperhatikan aspek regulasi dan keselamatan.
Rear Wheel Steering
Teknik menikung dengan membiarkan ban belakang sliding melebihi sudut menikung motor. Biasa digunakan di arena balap motor. Pembalap yang mempopulerkannya: Garry McCoy.
Ride Through Penalty
Lihat Drive Through Penalty
Road Race
Balap motor yang populer di Indonesia dan seringkali disebut juga dengan sebutan balap motor senggol, mengingat penyelenggarannya yang sering digelar di jalanan dan tidak di sirkuit yang permanen.

S

Seeded
Atau biasa disebut kelas seeded, adalah kelas unggulan, yang diikuti oleh pembalap non-pemula.
Set-up
Penyetingan motor yang akan dipakai sebelum balapan dimulai.
Sirkuit
Arena balapan berupa lintasan/trek tidak putus yang bentuknya berbeda-beda antara sirkuit yang satu dengan yang lain. Setiap sirkuit dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas standar yang biasanya diperlukan untuk dalam balapan.
Shiftlock
Aksi yang biasa dilakukan pembalap motor usai balapan dengan menurunkan posisi gigi dan melepas kopling secara tiba-tiba hingga membuat roda terkunci sebentar. Sering dilakukan Valentino Rossi untuk merayakan kemenangan usai balapan.
Stewart
Pengawas lomba. Biasanya terdiri dari tiga orang di setiap event motorsport.
Stewart of the Meeting
Forum tertinggi event motorsport. Terdiri dari stewart, race director, dan clerk of the course. Bertugas memastikan lomba berlangsung sesuai regulasi. Menentukan hukuman yang diberikan kepada pembalap yang melakukan pelanggaran.
Start
Tempat pembalap berkumpul untuk memulai kompetisi balap, biasanya terletak tidak jauh dari pit out. 
Starting grid
Ditandai dengan angka-angka. Menunjukkan posisi pembalap di angka berapa saat balapan. Angka ini didapat dari hasil qualifikasi sebelumnya. Makin cepat catatan waktunya saat qualifikasi, maka dialah yang berhak start dari grid pertama.
Straight
Trek lurus. Tempat favorit pembalap untuk melakukan overtaking.
Scruttineering
Pemeriksaan motor dan kelengkapan lainnya sebelum balapan berlangsung, untuk memastikan apakah motor yang digunakan sudah  sesuai aturan dan syarat-syarat lainnya sudah dipenuhi.
Supercross/motocross
Perlombaan balap motor dengan menggunakan motor jenis motocross yang diadakan di trek non aspal yang sulit dan penuh tantangan, dibuat hanya untuk sementara dengan menggunakan bahan – bahan dari tanah atau pasir.
Superpole
Pembalap dengan catatan waktu terbaik dalam kualifikasi balap motor Superbike.
Stopie
Aksi pembalap dalam memainkan rem depan dengan mendadak sehingga roda belakang terangkat.
Stop And Go Penalty
Hukuman bagi pembalap yang melakukan pelanggaran, di mana pembalap tersebut  harus masuk pitlane dan berhenti selama beberapa detik.

T

Track
Jalur yang harus diikuti oleh pembalap.
Timesheet
Catatan waktu para pembalap dalam suatu perlombaan.
Tune up
Tune-up adalah servis ringan yang berhubungan dengan mesin berupa pemeriksaan, penyetelan, ganti komponen, dan perawatan mesin.
Tribun
Tempat duduk penonton yang memiliki bentuk berundak ke atas dengan posisi memanjang di pinggiran sirkuit.
Transfonder
Sebuah alat yang diletakkan pada setiap kendaraan yang mengikuti balapan. Alat ini akan mengirimkan sinyal pada komputer yang ada di kamar hitung ketika motor melewati garis finish sehingga catatan waktu si pebalap dapat diketahui.
Tikungan Balik Badan
Istilah lain dari tikungan hairpin atau tusuk konde.

U

V

W

Wheelie
Salah satu gaya dalam freestyle dengan mengangkat roda depan pada sepeda motor
Waiting Zone
Tempat para pembalap berkumpul sebelum start, setelah dipanggil petugas.
White Line
Garis putih di lintasan, yang hanya ada di sirkuit internasional. Terletak berdekatan dengan bibir lintasan, sebagai petunjuk bagi pembalap untuk menentukan jalur yang benar.

X

Y

Z

Sumber : Yamaha Racing Indonesia