Minggu, 06 Agustus 2017

Bela negara, Anggota Moonraker kota Bandung mengikuti Diklat Leadership Academy

Moonraker Leadership Academy
Diklat pembentukan karakter kepemimpinan dalam berorganisasi dan pembelajaran bela negara, Moonraker Leadership Academy program Diklat dari Dispora (05-06 Agustus 2017).

Moonraker Indonesia bekerjasama Dispora Kota Bandung dan Secaba Rindam III/Siliwangi menggelar Diklat Leadership Academy yang berlangsung selama dua hari dimulai dari tanggal 5 sampai  dengan 6 Agustus 2017.

Panitia Moonraker Leadership Academy
Ketua Umum Moonraker Indonesia, Sigit Permana bersama Panitia Moonraker Indonesia Leadership Academy (05/08/17).



Menurut Ndut selaku Panitia Moonraker Leadership Academy, "Program yang diikuti oleh 100 peserta dari anggota Moonraker wilayah kota Bandung dan Cimahi ini bertujuan untuk membentuk karakter kepemimpinan yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara. Tidak hanya itu, peserta juga diperkenalkan dengan sistem-sistem keorganisasian, 4 pilar berbangsa dan bernegara, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan pembekalan Pancasila."

Moonraker Leadership Academy
Peserta Moonraker Indonesia Leadership Academy melakukan kegiatan, baik yang bersifat teori maupun praktek.
Materi yang diberikan selama pendidikan disesuaikan dengan kemampuan fisik peserta agar mereka dapat menerima dengan baik materi yang disajikan.

Moonraker Leadership Academy
Kegiatan baris berbaris yang dikuti oleh peserta Moonraker Indonesia Leadership Academy.


Selain itu juga ada materi praktek baris-berbaris dan kedisiplinan. Mereka dibimbing langsung oleh pelatih dan pembina dari jajaran TNI Secaba Rindam III/Siliwangi. "Kita lihat di lapangan, semangat mereka sangat kuat untuk ikut pendidikan ini." Ujar salah seorang pelatih dari TNI.

Moonraker Leadership Academy
Peserta Moonraker Indonesia Leadership Academy belajar menghargai dari hal-hal yang kecil.
Kegiatan diklat yang selama ini sudah dilakukan adalah memberikan pelajaran mengenai kedisiplinan. Itu dimulai dari hal-hal kecil sejak bangun hingga beraktivitas kembali. Meski ditatar oleh anggota TNI, bukan berarti para peserta ini belajar total ala militer. Pelatihan ini bukanlah wajib militer dan harus angkat senjata tapi lebih pada wawasan kebangsaan.

Moonraker Leadership Academy
Pembukaan oleh Sony Teguh Prasetya dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung bersama Ketua umum Moonraker Indonesia, Sigit Permana (05/08/17).

Acara resmi dibuka oleh Ketua Umum Moonraker Indonesia, Sigit Permana dan Sony Teguh Prasetya dari Dispora kota Bandung di Pangkalan militer Secaba Rindam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

Moonraker Leadership Academy
Kegiatan di dalam ruangan, Moonraker Indonesia Leadership Academy.

Moonraker merupakan perkumpulan yang mengikuti program Leadership Academy To Be A Good Leader di tahun 2017 yang sebelumnya ormas XTC Indonesia sudah mengikuti program tersebut pada tahun 2016." Ungkap Sony Teguh Prasetya dari Dispora Kota Bandung.

Moonraker Leadership Academy
Giat Leadership Moonraker oleh Dispora Kota Bandung di Secaba Rindam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat (05-06 Agustus 2017).



Pendidikan tidak hanya harus yang bersifat serius. Para peserta juga diajarkan bagaimana membuat yel-yel dan bernyanyi untuk melatih kekompakan.

Moonraker Leadership Academy
Ketua umum Moonraker Indonesia menjadi instruktur senam pagi dalam program Diklat Moonraker Indonesia Leadership Academy yang diadakan selama dua hari di Secaba Rindam III/Siliwangi.

Pada kegiatan ini, peserta juga mendapatkan kegiatan jasmani yang dibimbing langsung oleh instruktur dari TNI Secaba Rindam III/Siliwangi dan Ketua Umum Moonraker Indonesia.

Moonraker Leadership Academy
Kegiatan Api Unggun pada malam hari, Moonraker Indonesia Leadership Academy.

Menurut salah satu peserta Diklat, "Kita di sini juga belajar cara penghormatan. Kita dari nol baru tahu ketika di sini. Hari ini penutupan. Paling suka kegiatan api unggun, seru banget. Itu bisa bikin kita lebih berani," cerita seorang peserta diklat, Reza Eka Putra (21)  kata pria asal Bandung ini.

Meski mengaku secara fisik energinya sangat terkuras, Reza mengaku senang mengikuti program ini. Banyak hal positif yang ia petik dari program ini.

Moonraker Leadership Academy
Pelatihan fisik yang diberikan kepada peserta Moonraker Leadership Academy (05/08/17).

"Kalau capek secara fisik sih iya, tapi bawa asyik aja. Awalnya emang kaget banget, karena kita tahu-tahu diajarin secara militer. Tapi lama-lama biasa, sekarang udah enak semua," tuturnya.

Moonraker Indonesia Leadership Academy
Kegiatan rohani peserta Moonraker Indonesia Leadership Academy.

"Banyak positifnya, bisa bikin kita disiplin. Hormat sama yang lebih senior. Terus jadi makin banyak kawan. Ini kan kami dari Moonraker Indonesia bisa tambah kompak." pungkas Reza.

Admin ID

Ikuti Lewat Email

Hai bro, dapatkan artikel terbaru dengan berlangganan melalui email

BACA JUGA

0 Komentar "Bela negara, Anggota Moonraker kota Bandung mengikuti Diklat Leadership Academy"

Silahkan berikan komentar/pertanyaan anda. Komentar yang berisi link tidak akan ditampilkan.Terimakasih.